Anies Targetkan Kafilah DKI Jakarta Juara Umum STQ XXVI

Pemerintahan131 views

JAKARTA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan Kafilah Jakarta dapat mempertahankan juara umum pada ajang Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XXVI 2021 di Maluku Utara.

Hal ini disampaikannya saat melepas melepas keberangkatan Kafilah secara simbolis, Rabu (13/10/2021), di Balai Kota Jakarta.

Diketahui, sebanyak 50 orang Kafilah Provinsi DKI Jakarta terdiri dari peserta 20 orang, official 23 orang, dan pelatih pendamping 7 orang akan berjuang di STQ Nasional XXVI 2021 yang diselenggarakan pada 14 – 23 Oktober 2021.

Anies menuturkan, perjuangan yang berat menanti di depan, sehingga diperlukan ikhtiar dan doa agar mampu meraih kembali prestasi yang diharapkan.

“Oleh karena itu, kepada seluruh peserta, saya berpesan untuk lebih memperhatikan aspek kesehatan dan menjaga kondisi fisik, khususnya asupan makanan-minuman, waktu istirahat, dan tetap menyempatkan olahraga ringan. Kita berangkat ke Provinsi Maluku Utara sebagai satu Kafilah untuk mempertahankan yang terbaik dengan mengerahkan segenap kemampuan yang kita peroleh selama tempaan kompetisi pada seleksi tingkat Kota/Kabupaten di Provinsi DKI Jakarta,” ujar Anies.

Anies juga mengingatkan Kafilah DKI Jakarta agar fokus dalam kegiatan. Pelaksanaan kegiatan pun diminta diperhatikan secara menyeluruh di berbagai aspek persiapan. “Ini semua agar niat harus lurus untuk melakukan yang terbaik, juga diiringi dengan doa dari orang tua seluruh Kafilah STQ, serta menjaga nama baik DKI Jakarta,” tambah Gubernur Anies.

“Semoga seluruh peserta tetap saling mengingatkan, tidak menganggap remeh dan abai terhadap disiplin protokol kesehatan agar kita semua dapat terus sehat, aman dan produktif berkarya. Serta, saat kepulangan kembali ke Jakarta juga dalam keadaan sehat, sekaligus membawa prestasi membanggakan dengan status juara,” pungkasnya.

Adapun cabang-cabang yang dilombakan dalam STQ Nasional XXVI sebagai berikut:

– Cabang Seni Baca Al-Qur’an

a. Golongan Anak-anak (Putra/Putri)

b. Golongan Dewasa (Putra/Putri)

– Cabang Hafalan Al-Qur’an

a. Golongan 1 juz dan Tilawah (Putra/Putri)

b. Golongan 5 juz dan Tilawah (Putra/Putri)

c. Golongan 10 Juz (Putra/Putri)

d. Golongan 20 juz (Putra/Putri)

e. Golongan 30 jus (Putra/putri)

– Cabang Tafsir Al-Qur’an.

Golongan Tafsir Bahasa Arab (Putra/Putri)

– Golongan Musabaqah Al-Hadits

a. Cabang Hafalan 100 Hadits dengan Sanad (Putra/Putri)

b. Cabang Hafalan 500 Hadits tanpa sanad (Putra/Putri)

Sebelumnya, prestasi membanggakan yang pernah ditorehkan Kafilah Provinsi DKI Jakarta pada penyelenggaraan STQ Nasional, di antaranya:

– Juara Umum pada STQ Nasional XXII Tahun 2013 dan XXIII Tahun 2015, serta pada STQ Nasional XXV Tahun 2019.

– Prestasi membanggakan juga diraih sebagai Juara Umum MTQ Nasional Tahun 1972, 1983, 2006, 2008, 2012 dan 2018.(RH/JND)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *